LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI
FAKULTAS EKONOMI DAN
BISNIS
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Di Susun Oleh :
1.
Amil Dwi Ramadhani 7593
/206.071
2.
Mauludha Damaisela 7665
/278.071
3.
Mutia Latifa 7679 /292.071
4. Nadien Arkadea Dewanti 7680 /293.071
DINAS
PENDIDIKAN KOTA MALANG
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN SMK NEGERI 3 MALANG
KOMPETENSI
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
TAHUN
AJARAN 2012/2013
Jl.
Surabaya No. 1 Malang, Jawa Timur
Kode
Pos 65155
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Malang,Jawa Timur
Oleh :
KEPALA SEKOLAH GURU
DU/DI
Dra. Aksihari, M,Pd
Agus Widyatama,S.Kom
Ketua Progam Keahlian
Teknik Komputer dan
Jaringan
Erfandi
Hermawanto,S.Pd
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb
Alhamdulillah…! Puji
syukur kepada Allah SWT, karena atas campur tangan-Nya sehingga penyusunan
laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini dapat terselesaikan dengan baik.
Dan laporan ini sebagai bukti untuk memenuhi bahwa penulis telah melaksanakan
Praktek Kerja industri (PRAKERIN) dengan baik.
Penyusunan laporan Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN) ini adalah salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Akhir
Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan ini sebagai bukti
bahwa penulis telah melaksanakan dan menyelesaikan Praktek Kerja Industri di
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Dengan ini penulis
berterima kasih kepada Pembimbing DU/DI yang selama kurang lebih 6 bulan ini
telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktek kerja industri
(PRAKERIN).
Laporan ini dapat terbuat
dan diselesaikan dengan adanya bantuan dari pihak pembimbing dari pihak sekolah
maupun pihak Pembimbing DU/DI , oleh karena itu penulis mengucapkan terima
kasih kepada: kedua orang tua saya, dan Kepala SMK Negeri 3 Malang Ibu
Aksihari,M.Pd
Akhir dari kesempatan
ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu
dalam upaya penyelesaian laporan ini. Penulis juga mengharapkan saran dan
kritik demi perbaikan dan penyempurnaan laporan ini tersebut. Dan semoga
laporan ini dapat bermanfaat bagi pihak yang membutuhkan dan bermanfaat bagi
semua pembaca. Amiin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Malang, Januari
2012
Penulis
DAFTAR ISI
Sampul Depan / Halaman Judul
……………………………………………......
|
|
Lembar Pengesahan …………………………………………………………......
|
i
|
Kata Pengantar ……………………………………………………………….....
|
ii
|
Daftar Isi ………………………………………………………………………….
|
iii
|
BAB 1 PENDAHULUAN ……………………………………………………….
|
1
|
1.1 Latar belakang ……………………………………………………………....
|
1
|
1.2 Tujuan ………………………………………………………………………..
|
2
|
1.3 Manfaat ……………………………………………………………………....
|
2
|
BAB 2 LAPORAN PRAKTEK INDUSTRI (PRAKERIN) …………………….
|
3
|
BAB 3 VISI DAN MISI……………………………………………………………
|
|
BAB 4 PENUTUP ………………………………………………………………..
|
|
4.1 Kesimpulan …………………………………………………………………..
|
|
4.2 Saran ………………………………………………………………………….
|
|
LAMPIRAN LAMPIRAN……………………………………………………….
|
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Praktek Kerja Indutri
(PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan
secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program
pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja
untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional
tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan,
teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai
kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi
dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang
profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan
tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda
diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana
para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan
ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya
Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri
karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
Ada beberapa peraturan
tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan
Praktek Kerja Industri(PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
Tercantum pada UU. No.
2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik
melalui kegiataan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di
masa yang akan datang.
Peraturan Pemerintah
No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan
kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan
timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan
pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih
tinggi dan untuk mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan;
Peraturan pemerintah
No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional,
serta Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa
“Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan
didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”
1
1.2 Tujuan
Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah
sebagai berikut :
1. Diharapkan dapat menambah wawasan dan
pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna
memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di
lapangan.
2. Meningkatkan pengetahuan siswa pada
aspek-aspek usaha yang professional dalam lapangan kerja antara lain struktur
organisasi, jenjang karir dan teknik.
3. Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) Bangun Bangsa Mandiri.
4. Mengimplotasikan antara pendidikan
disekolah dan diluar sekolah.
5. Untuk memperkenalkan siswa pada dunia
usaha.
6. Menumbuhkan dan meningkatkan sikap
profisional yang di perlukan siswa untuk memasuki dunia usaha.
7. Memperkokoh link and mact antara SMK dan
dunia kerja.
1.3 Manfaat
Adapun manfaat dari Praktek Kerja
Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :
1. Dapat mengenali suatu pekerjaan industri
dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bangun
Bangsa Mandiri dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu
pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
2. Dapat menambah keterampilan dan wawasan
dalam dunia usaha yang professional dan handal.
3. Untuk mengasa keterampilan yang telah
diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Bangun Bangsa Mandiri.
4. Dapat menghasilkan tenaga kerja
yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan,
keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.
BAB 2
LAPORAN PRAKTEK KERJA
INDUSTRI
(PRAKERIN)
4
BAB 4
VISI DAN MISI
VISI SEKOLAH
“terwujudnya sekolah sebagai pusat diklat dan sertifikasi
kompetensi dibidang pariwisata untuk menghasilkan tenaga atau pekerja mandiri
tingkat menengah berkelas nasional maupun internasional yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa (IMTAQ). “
MISI SEKOLAH
1. Meningkatkan
profesionalisme dan akuntabilitas sekolah sebagai pusat pembudayaan kompetensi
dibidang pariwisata berstandar nasional maupun internasional.
2. Melaksanakan sistem
pendidikan sekolah yang fleksible, terintegrasi, ber-IMTAQ dan beretos kerja.
3. Melaksanakan SMM ISO
9001 : 2000 sebagai landasan layanan pendidikan yang bermutu kepada pelanggan
sekolah.
4. Meningkatkan capacity
building penyelenggaraan pendidikan sekolah melalui sinkronisasi dan
koordinasi.
5. Meningkatkan peran
serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan sekolah.
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Kesimpulan yang diperoleh penulis dari hasil laporan
Praktik Kerja Industri antara lain :
1. Komunikasi dapat terjalin dengan baik
antar bagian organisasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya karena
adanya sistem jaringan komputer.
2. Selama melakukan praktek kerja industry
(PRAKERIN) penulis menemukan jati diri selama berada dan
berinteraksi dalam lingkungan masyarakat luas
3. Berinteraksi atau mengeluti dunia usaha
tidak mudah, ada banyak hal yang perlu dilakukan, agar orang yang akan kita
melakukan hubungan kerja sama dapat terkesan akan apa yang kita lakukan atau
kerjakan.
4. Penemuan yang telah diajarkan dapat
bermanfaat bagi kami agar dapat memperdalam ilmu yang telah diberikan kepada
kami
5. Berdasarkan apa yang kami kerjakan selama
kurang lebih 6 bulan kami mendapatkan ilmu baru yaitu administrasi dan ilmu
teknik komputer dan jaringan yang belum pernah kami pelajari sebelumnya di
sekolah
6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Brawijaya mempunyai kesempatan yang lebih baik untuk tumbuh dan berkembang
karena mempunyai beberapa keunggulan disamping adanya beberapa kelemahan yang
harus diperhatikan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
4.2 Saran
Kami menyadari
keterbatasan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, namun kami akan mencoba
memberi saran yang mungkin bisa dijadikan evaluasi dan untuk membangun
kedepannya. Adapun saran tersebut antara lain :
1.
Dengan adanya program kerja praktek ini
diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak SMK bangun bangsa
mandiri dengan perusahaan atau pembimbing tempat pelaksanaan prakerin di
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya
- Dalam
penerimaan dan penempatan para siswa yang melaksanakan Kerja Praktek,
hendaknya mempertimbangkan bidang yang sesuai dengan jurusan siswa,
sehingga siswa dapat mengembangkan ilmu yang dimiliki juga dapat menambah
pengetahuan.
- Bagi
pegawai, dapat memperkenalkan program aplikasi apa saja yang digunakan
pada perusahaan, agar siswa yang melaksanakan Kerja Praktek dapat
memahaminya.
- Dan
juga agar guru-guru selalu memberikan motivasi dan bimbingan kepada
siswa-siswi SMK bangun bangsa mandiri
- Tiap
jurusan harus diaktifkan praktek saat jam praktek
- Proses
pembelajaran ditingkatkan dan Harapan kami supaya kedisiplinan sekolah di
tegaskan
IDENTITAS SISWA
Nama :
Amil Dwi Ramadhani
Tempat, Tanggal Lahir :
Malang, 31 Januari 1996
Jenis Kelamin :
Perempuan
No. Induk Siswa :
7593 /206.071
Nama :
Mauludha Damaisela
Tempat, Tanggal Lahir :
Malang, 28 Juni 1996
Jenis Kelamin :
Perempuan
No. Induk Siswa :
7665 /278.071
Nama :
Mutia Latifa
Tempat, Tanggal Lahir :
Malang, 19 Agustus 1995
Jenis Kelamin :
Perempuan
No. Induk Siswa :
7679 /292.071
Nama :
Nadien Arkadea Dewanti
Tempat, Tanggal Lahir :
Malang, 30 Januari 1996
Jenis Kelamin :
Perempuan
No. Induk Siswa :
7680 /293.071
Sekolah
IDENTITAS DUNIA USAHA
/ INDUSTRI
Nama Perusahaan / Industri : FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UB
No. Telepon :
0341-555000 / 0341-551396
Nama Pemimpin :
Gugus Irianto,SE.,MSA.,PhD.,Ak
Nama Pembimbing :
Agus Widyatama ,S.Kom